Cara Melihat Tampilan Situs Google Versi Jadul

  • Whatsapp
banner 468x60

KOMPAS.com – Genap berusia 22 tahun pada akhir pekan ini, tampilan situs utama mesin pencari Google di alamat Google.com bisa dibilang tak banyak berubah, tetap dengan sebuah kolom dan desain sederhana.

Read More

banner 300250

Namun, tampilannya tetap saja berbeda dibandingkan saat pertama kali hadir pada tahun 1998 lalu. Tampilan Google saat itu masih bisa dilihat. Caranya pun mudah, cukup dengan mengetikkan kata kunci “Google in 1998” tanpa tanda petik di laman utama Google.

Seolah mesin waktu, begitu Anda menekan “Enter”, wajah Google bakal berubah, kembali ke bentuk awalnya lebih dari 20 tahun lalu. Search bar Google Search pada saat itu memiliki ukuran yang kecil.

Perhatikan gambar logo di pojok kiri atas, selain font dan style huruf yang berbeda, ternyata Google sempat memakai tanda seru (!) seperti Yahoo,

Google menggunakan empat warna dalam logo teks Google, yakni biru, merah, kuning, dan hijau. Empat warna ini masih dipertahankan hingga sekarang.

Situs Google di tahun 1998 tidak menampilkan berbagai layanan Google lainnya seperti Gmail, Shopping, dan News karena layanan tersebut belum lahir pada saat itu. Tampilan lawas Google juga belum menampilkan tautan ke iklan seperti yang ada saat ini.

Selesai bernostalgia, pengguna dapat meng-klik opsi “Take me back to the present” yang terletak di bawah search bar, untuk kembali ke tampilan Google yang sekarang.

Google Tampilan Google di tahun 1998

Jika dibandingkan dengan tampilan jadulnya, halaman Google Search saat ini terlihat lebih simpel dengan hanya menampilkan logo dengan kotak pencarian yang lebih lebar.

Fungsi pencariannya pun sudah lebih canggih. Selain situs internet, pengguna bisa melakukan penelusuran gambar, video, lokasi, jadwal perjalanan, hingga barang yang dijual di e-commerce.

Untuk merayakan beberapa momen, peristiwa, atau hari perayaan tertentu, mesin pencari ini biasanya membuat logo atau Doodle khusus yang ditampilkan di beranda Google.

Seperti hari ini Minggu (27/9/2020), saat membuka laman Google Search, Anda akan mendapati lukisan doodle yang menampilkan animasi huruf “G” berwarna biru yang dilengkapi dengan topi ulang tahun.

Tampilannya seperti orang yang tengah merayakan ulang tahun sambil melakukan video call bersama teman-temannya, merujuk pada situasi pandemi Covid-19.

Tangkapan beranda Google memperlihatkan Google Doodles ulang tahun ke-22 dari GoogleGoogle Tangkapan beranda Google memperlihatkan Google Doodles ulang tahun ke-22 dari Google

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin, yang kala itu masih menjadi mahasiswa di Universitas Stanford, pada tahun 1996. Keduanya berkolaborasi untuk membuat mesin pencari bernama “BackRub” yang dioperasikan menggunakan server di kampus mereka.

Kemudian, pada 1997, Page dan Brin memutuskan untuk menggunakan nama Google, yang berasal dari kata “Googol”, yakni istilah matematika untuk bilangan angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol.

Penggunaan istilah itu mencerminkan misi Google sebagai gudang informasi tak terbatas di internet.

Perusahaan Google Inc resmi berdiri pada Agustus 1998. Saat itu, Page dan Brin menjadikan garasi rumah Susan Wojcicki di Menlo Park, California, sebagai kantor pertama mereka.

 

#Cara #Melihat #Tampilan #Situs #Google #Versi #Jadul

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts