Bio Farma Sebut Tak Ditemukan Efek Samping dari Sukarelawan Vaksin Covid-19 Halaman all

  • Whatsapp
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Uji klinis tahap ketiga vaksin Covid-19 hasil kerja sama Bio Farma dengan Sinovac disebut berjalan lancar.

Read More

banner 300250

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan, pihaknya tidak menemukan efek samping yang signifikan terhadap sukarelawan yang telah disuntikkan vaksin Covid-19.

“Uji klinis sudah berlangsung lebih dari satu bulan dan alhamdulilah semua sampai hari ini berjalan lancar, dalam arti tidak ditemukan efek samping yang signifikan dari sukarelawan,” ujar Honesti dalam acara media briefing di Kementerian Luar Negeri, Rabu (30/9/2020).

Apabila uji klinis tahap ketiga benar-benar sesuai harapan, hasilnya bisa dilihat pada awal 2021.

Setelah itu, pihaknya akan melaporkannya kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM) untuk mendapatkan emergency use authorization alias surat pemberian izin edar dalam keadaan darurat. 

“Dan kita akan segera produksi dan nanti akan segera dilakukan program vaksinasi yang programnya segera dilakukan oleh Kementerian Kesehatan,” ujar honesti.

Ia menambahkan, pada akhir Oktober atau awal November mendatang, pihaknya bersama BPOM akan melakukan kunjungan audit ke fasilitas pengembangan dan produksi vaksin Covid-19 yang terletak di Beijing, China.

Kunjungan audit itu demi menjamin kualitas bahan baku vaksin sekaligus memastikan fasilitas di dalamnya memenuhi standar cara pembuatan obat (CPOB) atau good manufacturing practice (GMP).

BPOM juga akan melaksanakan kunjungan serupa ke fasilitas produksi vaksin milik Bio Farma.

Sejauh ini, pihaknya sudah merencanakan untuk menyediakan 250 juta dosis vaksin Covi-19 untuk tahun 2021. Jumlah itu setelah ditingkatkan dari sebelumnya yang hanya 100 juta.

“Jika uji klinis vaksin berjalan lancar, maka Bio Farma akan segera memproduksi pada bulan Januari 2021 mendatang,” tutur dia.

#Bio #Farma #Sebut #Tak #Ditemukan #Efek #Samping #dari #Sukarelawan #Vaksin #Covid19 #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts