Biker Newbie, Jangan Tutup Gas Skutik Waktu Turunan!

  • Whatsapp
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat ini motor skuter matik alias skutik memang kerap menjadi pilihan konsumen yang ingin membeli kendaraan roda dua. Ini lantaran pengoperasiannya yang relatif mudah tanpa kopling dan pindah gigi, pengemudi cukup putar gas maka sepeda motor bisa langsung jalan.

Read More

banner 300250

Meski begitu, tidak bisa asal dan tetap butuh keahlian, terutama bagi yang baru belajar naik motor.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, setidaknya ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan oleh pemula yang baru belajar naik motor, terutama saat menggunakan skutik.

“Pengemudi harus menguasai instrumen yang ada pada kendaraan misal rem karena di matik kedua rem ada di tangan. Lalu postur berkendara, sebab di motor matik kaki kita bebas tanpa mengoperasikan apapun,” ujar Agus saat dihubungi Kompas.com, Jumat (25/9/2020).

Foto: Wahana/Istimewa Karena praktis tak sedikit yang menyepelekan cara mengendarai skutik

Selain itu, lanjut Agus hal penting lainnya adalah pengemudi harus tahu saat buka tutup gas yang aman saat menggunakan motor matik.

Agus menerangkan, buka tutup gas pada skutik merupakan hal yang krusial. Kerap terjadi pemula panik justru ‘membejek’ gas. Pengaturan buka tutup gas juga supaya motor tidak meluncur bebas saat turunan atau tanjakan karena buka tutup gas yang tidak aman.

“Saat baru start atau jalan usahakan untuk tidak membuka gas secara spontan tapi lakukan bertahap, sampai kendaraan melaju dengan kecepatan stabil,” katanya.

Kemudian, saat turunan atau jalan menurun usahakan gas harus terisi tidak ditutup habis, karena jika di tutup habis maka motor akan loss atau mesin tidak membantu pengereman.

“Untuk penggunaan rem, usahakan untuk selalu mengerem dengan kedua rem (depan dan belakang) secara bersamaan agar pengereman lebih efektif,” tutur Agus.

Jika sudah menguasai buka tutup gas dengan baik, Agus menambahkan, jari tangan usahakan untuk tidak selalu standby di tuas rem kanan dan kiri.

#Biker #Newbie #Jangan #Tutup #Gas #Skutik #Waktu #Turunan

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts