AS Cari Cara untuk Jual Jet Tempur F-35 ke Uni Emirat Arab Tanpa Melukai Israel

  • Whatsapp
banner 468x60

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – AS disebut mencari cara untuk menjual jet tempur F-35 ke Uni Emirat Arab (UEA) tanpa harus mengecewakan sekutu utamanya, Israel.

Read More

banner 300250

Kantor berita Reuters yang mengutip sumber internal perundingan itu melaporkan, kedua negara berharap nota kesepakatan bakal dicapai pada 2 Desember, yakni Hari Nasional UEA.

Perjanjian itu harus memerhatikan Israel, terlebih menyangkut kesepakatan yang bernama Keunggulan Militer Kualitatif (QME).

Dalam perjanjian itu, AS harus memastikan bahwa senjata yang dijual ke negara Timur Tengah tidak menyamai atau bahkan melebihi keunggulan Tel Aviv.

Dengan poin tersebut, maka Washington meminta Lockheed Martin selaku pabrikan jet tempur F-35, agar produk ke Abu Dhabi terlihat radar Israel.

Tidak dijelaskan apakah akan terdapat perubahan pada pesawat tempur generasi kelima itu, atau Washington memberikan radar yang lebih baik ke sekutunya.

Kabar ini muncul setelah Menteri Pertahanan Benny Gantz mengunjungi koleganya, Menhan AS Mark Esper di Pentagon pada Selasa (22/9/2020).

Dilansir Al Jazeera, baik Kedutaan Uni Emirat Arab di Washington maupun Gedung Putih sama sekali tidak memberikan komentar atas kabar tersebut.

Semenrtara Pentagon melalui juru bicaranya menyatakan, mereka tak akan membantah atau mengakui kabar itu hingga Kongres mendapat pemberitahuan.

Begitu nota kesepakatan (letter of agreement) disahkan, maka jika ada salah satu pihak yang melanggar, maka dia bakal dikenakan denda.

Politisi di Capitol Hill memperingatkan, penjualan bisa tak terjadi pada tahun ini mengingat banyaknya persyaratan yang harus dipenuhi.

Ellen Lord, yang mengurusi masalah persenjataan Pentagon menerangkan pada Agustus, secara umum mereka harus menyelesaikan kesepakatan pada enam bulan ke depan.

Karena aturan keunggulan militer kualitatif, F-35 tidak bisa dijual ke Timur Tengah. Sementara Tel Aviv sendiri sudah mempunyai 24 unit.

UEA, salah satu sekutu utama AS, sudah lama mempunyai niat untuk membeli pesawat tempur dengan teknologi siluman tersebut.

Bahkan, mereka disebut dijanjikan bisa membelinya jika bersedia memulihkan hubungan diplomatik dengan Israel, yang penandatangannya terjadi pekan lalu.

Sumber yang mengurusi negosiasi itu mengungkapkan, ada kemungkinan Tel Aviv mendapat teknologi untuk mendeteksi jet tempur itu.

Atau kalau tidak menurut pakar pertahanan, pesawat yang dijual ke negara Arab lainnya tidak boleh mempunyai kemampuan yang sama dengan Israel.

Adapun “Negeri Uncle Sam” sendiri sudah mewanti-wanti bahwa F-35 yang dijual ke negara lain tidak boleh sama dengan mereka.

Doug Birkey, direktur eksekutif di Mitchell Institute for Aerospace Studies in Washington berkata, keunggulan pesawat itu terletak pada beberapa hal.

Antara lain sistem misi, daya pengolahan, hingga daya komputasi yang membuat sebuah F-35 milik Israel bisa unggul dari UEA.

“Ketika pilot asing berlatih di AS, mereka membuat kode yang bakal mengenali mereka saat bertugas. Kode ini berbeda di setiap pihak,” kata dia.

#Cari #Cara #untuk #Jual #Jet #Tempur #F35 #Uni #Emirat #Arab #Tanpa #Melukai #Israel

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts