Apa Bedanya Fondant, Icing, dan Frosting? Hiasan Kue dari Gula

  • Whatsapp
banner 468x60

KOMPAS.comFondant, icing, dan frosting, ketiganya merupakan pelapis kue populer yang sering dipakai khususnya dalam dunia patiseri.

Read More

banner 300250

Fondant, icing, dan frosting mempunyai rasa manis. Ketiganya biasa digunakan untuk melapisi dan menghias kue.

Fondant, icing, dan frosting terbuat dari campuran cairan semi padat seperti air, susu, putih telur atau keju krim. Kemudian ditambahkan gula, baik gula halus atau yang berbutir.

Masing-masing bahan ini memiliki karakteristik, keutamaan, dan fungsi yang berbeda. Berikut ini rangkumannya dari Chowhound.

SHUTTERSTOCK/ABO PHOTOGRAPHY Ilustrasi koki sedang menguleni adonan fondant.

1. Fondant

Terdapat dua jenis fondant yaitu fondant tuang dan fondant gulung. Bahan baku fondant  tuang berupa gula, shortening, dan air.

Terkadang dicampurkan pula sirup jagung ke resepnya untuk memberikan kesan kilau yang mengilap serta untuk membuat fondant bisa mengeras saat ditaburkan di atas kue seperti kue sus.

Sementara itu,fondant gulung mempunyai bentuk hampir seperti adonan roti. Fondant jenis ini mengandung gelatin.

Penambahan gelatin ini menyebabkan adonan fondant memadat. Sehingga lebih cocok dipakai untuk melapisi kue dibanding dioleskan atau dituang.

Fondant gulung atau rolled fondant adalah yang favorit digunakan oleh para pembuat roti profesional. Teksturnya yang kaku memungkinkannya dibentuk menjadi aneka karakter yang diinginkan.

2. Icing

Icing dapat diartikan sebagai lapisan gula. Karakteristik icing seperti cairan agak kental yang berkilau. Icing akan mengalir perlahan ketika dituangkan di atas kue.

Cairan kental dan lembut icing kemudian akan mengeras saat kering. Penggunaan icing bisa diaplikasikan di atas kue kering, donat hingga cinnamon roll.

ilustrasi icingPIXABAY/PIXEL1 ilustrasi icing

Cara membuat icing dimulai dengan mencampur bahan dasar cair seperti air atau susu. Kadang-kadang telur, keju krim lunak, atau mentega cair.

Lalu ditambahkan gula ke dalam bahan cair tersebut. Biasanya gula bubuk yang dipakai karena hasilnya akan lebih halus dan berkilau.

Sebelum diaplikasikan di atas kue kering, icing dapat diberi pewarna makanan untuk mempercantik penampilan.

 

3. Frosting

Frosting punya karakteristik lebih pulen dan lebih tebal daripada fondant atau icing lainnya. Warnanya buram dan tekstur akan kaku setelah mengering.

Mentega sering ditambahkan ke dalam resep frosting, maka dinamai pula dengan frosting krim mentega.

Ilustrasi cupcake dengan frosting buttercreamShutterstock Ilustrasi cupcake dengan frosting buttercream

Penambahan mentega sering kali bertujuan memberi rasa yang kaya pada frosting. Namun rasanya bisa ditambahkan pula dari krim keju atau krim kental.

Gula juga ditambahkan ke dalam frosting. Nantinya tekstur yang dihasilkan lembut tetapi lebih keras daripada icing.

Karakteristik frosting yang kokoh dapat digunakan sebagai alas untuk lapisan kue dan krim cupcake.

#Apa #Bedanya #Fondant #Icing #dan #Frosting #Hiasan #Kue #dari #Gula

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts