12 Tips Praktis untuk Mempermudah Pencarian di Google Halaman all

  • Whatsapp
banner 468x60

KOMPAS.com –  Google memang search engine yang andal, tapi ada kalanya pengguna agak kesulitan menemukan apa yang dicari. 

Read More

banner 300250

Nah, supaya bisa melakukan pencarian dengan cepat dan tepat sasaran di Google, ada 12 tips praktis yang bisa diterapkan. Pengguna dapat melakukan searching terhadap hal-hal yang lebih spesifik, seperti kata atau frase, link, situs, dan pengertian sebuah makna di Google.

Berikut ini selengkapnya, sebagaimana dirangkum Kompastekno dari Lifehack, Rabu (30/9/2020),

1. Gunakan tanda bintang (*) untuk mencari kata atau frase yang tidak Anda ingat

Penggunaan tanda bintang (asterisk) pada pencarian Google akan membantu Anda untuk menemukan frase atau kata yang terlupakan.

Google akan menanggapi tanda bintang itu sebagai kata yang harus diisi dengan hasil yang paling relevan.

Jadi, apabila Anda lupa satu kata pada sebuah ucapan, Anda bisa menambahkan simbol tersebut untuk menemukan frasa yang ingin Anda temukan di Google.

Misalnya, Anda ingin menemukan narasi lengkap dari frasa atau tagline “Jernih Melihat Dunia” namun Anda lupa dengan kata “Dunia” dalam frasa tersebut.

Anda bisa menulisnya di kolom pencarian dengan cara menulis “Jernih melihat * “, tanpa tanda petik.

Putri Zakia Salsabila/ KOMPAS.com Cara menggunakan tanda bintang untuk pencarian di Google

2. Menggunakan kata Site: untuk menelusuri sebuah kata di sebuah situs web.

Penggunaan kata “Site:” sangat membantu Anda untuk mencari kata atau frasa dalam sebuah situs web.

Misalnya Anda ingin mengetahui sebuah informasi tentang TikTok di Kompas.com, Anda bisa menulisnya di kolom pencarian google dengan cara mengetikkan “Site:Kompas.com Tiktok“.


Nantinya, Google akan langsung menunjukkan hasil pencarian yang berkaitan dengan informasi seputar Tiktok di situs Kompas.com.

Cara menggunakan parameter Site: untuk pencarian GooglePutri Zakia Salsabila/ KOMPAS.com Cara menggunakan parameter Site: untuk pencarian Google

3. Cara menemukan situs web serupa

Apabila Anda ingin mencari situs yang juga mengupas atau membahas topik yang sama, Anda bisa menuliskan “Related:nama situs”

Kemudian, Google akan menampilkan beberapa situs yang mirip dengan situs yang Anda tulis pada hasil pencariannya.

Misalnya, “Related:Kompas.com”

Cara menggunakan parameter Relate: untuk pencarian GooglePutri Zakia Salsabila/ KOMPAS.com Cara menggunakan parameter Relate: untuk pencarian Google

4. Telusuri frasa yang tepat menggunakan kutipan

Apabila ingin mencari sesuatu dengan kata atau frasa yang spesifik, Anda bisa menambahkan simbol kutip pada ujung frasa. 

Misalnya, Anda ingin menelusuri frasa “Kompas Tekno”, Maka Google akan memunculkan hasil pencarian ini secara spesifik.

Pencarian frasa menggunakan tanda petikGoogle Pencarian frasa menggunakan tanda petik

5. Kecualikan kata kunci tertentu menggunakan tanda pisah (-)

Untuk mendapatkan hasil pencarian Google yang spesifik sesuai kebutuhan, Anda bisa menggunakan tanda pisah (-) untuk menghindari penggunaan kata tersebut.

Misalnya, Anda ingin menelusuri informasi terkait media sosial Kompastekno.

Namun, Anda tidak membutuhkan informasi akun Twitter milik Kompastekno. Anda dapat menulis di kolom pencarian Google seperti “Kompastekno -twitter” 

Maka Anda akan mendapatkan informasi seputar media sosial kompastekno kecuali dari Twitter milik Kompastekno. 

Cara mengecualikan kata kunci tertentu di pencarian GooglePutri Zakia Salsabila/ KOMPAS.com Cara mengecualikan kata kunci tertentu di pencarian Google

6. Temukan tautan ke situs web tertentu dengan “link: yourwebsitehere.com”

Jika Anda ingin melihat situs web apa pun yang ditautkan ke situs web atau halaman tertentu, Anda dapat menelusuri menggunakan parameter “link:”.

Parameter ini bisa berguna apabila Anda mencari situs yang ditautkan pada sebuah situs. Misalnya Link:youtube.com/kompastekno. 

Dalam hasil pencarian Google, Anda akan menemukan beberapa video, dan link youtube KompasTekno yang dikaitkan pada situs lain.

TEKNO Cara menemukan tautan ke situs web tertentu dengan link: yourwebsitehere.com di pencarian GooglePutri Zakia Salsabila/ KOMPAS.com TEKNO Cara menemukan tautan ke situs web tertentu dengan link: yourwebsitehere.com di pencarian Google

7. Cara mencari gambar yang tepat di Google

Pernahkah Anda bertanya-tanya dari mana sebuah gambar berasal atau ingin menemukan gambar yang mirip dengan milik Anda?

Anda bisa melakukannya dengan cara mengunggah gambar Anda atau menempelkan URL gambar yang ingin Anda cari.

Kemudian, buka link images.google.com, klik ikon kamera, lalu unggah gambar Anda (atau tempel URL gambar).

Dengan cara ini, Google akan memunculkan referensi gambar atau gambar yang sama dalam ukuran yang berbeda atau menunjukkan sumber gambar.

Cara mencari gambar serupa melalui google imagePutri Zakia Salsabila/ KOMPAS.com Cara mencari gambar serupa melalui google image

8. Gunakan kata “atau” apabila ragu dengan sebuah frasa 

Terkadang, di saat Anda mengingat sebuah topik, Anda masih ragu dan butuh kepastian apakah itu benar atau tidak. Misalnya, peran seorang aktor dalam sebuah film. 

Jika Anda tidak dapat mengingat peran Jennifer dalam satu film itu, Anda bisa menulis dalam kolom pencarian google dengan menuliskan “Jennifer Aniston OR Lawrence”

Gunakan atau jika tidak dapat mengingat topik mana yang Anda pikirkanLifehack.org Gunakan atau jika tidak dapat mengingat topik mana yang Anda pikirkan

9. Cara menelusuri jangka waktu menggunakan tanda elipsis “…”

Apabila Anda ingin mencari tahu kejadian apa yang terjadi pada beberapa tahun dengan jangka waktu, Anda bisa menggunakan tanda elipsis ini sebagai perkiraannya.

Misalnya, jika Anda ingin menelusuri sejarah Indonesia di beberapa tahun sekaligus, ANda bisa menuliskannya dalam kolom pencarian dengan  menuliskan “Sejarah Indonesia 1900 … 2000”

Anda akan menemukan daftar kejadian-kejadian yang tercatat di Google dalam jangka waktu tersebut.

Menggunakan tanda elipsis ... untuk menelusuri jangka waktu di pencarian Google Putri Zakia Salsabila/ KOMPAS.com Menggunakan tanda elipsis … untuk menelusuri jangka waktu di pencarian Google

10. Telusuri kata-kata tertentu di dalam judul atau URL menggunakan “intitle:” dan “inurl:”

Jika Anda ingin mencari kata-kata tertentu di sebuah URL atau judul situs, Anda bisa menggunakan parameter Intitle atau inurl.

Misalnya, Anda ingin mencari kata KompasTekno, Anda dapat mencari “inurl:Kompastekno”.

Jika Anda ingin mencari artikel dengan judul yang sama persis, Anda dapat mencari “intitle:KompasTekno”.

menelusuri kata-kata tertentu dalam judul atau URL menggunakan intitle: dan inurl:Putri Zakia Salsabila/ KOMPAS.com menelusuri kata-kata tertentu dalam judul atau URL menggunakan intitle: dan inurl:

11. Gunakan “Define:” untuk mempelajari arti istilah-istilah kekinian

Apabila Anda ingin mempelajari makna suatu kata slangword atau istilah yang tidak Anda pahami, Anda bisa menggunakan parameter Define.

Misalnya, Anda ingin mengetahui makna Waffle, Anda bisa langsung mengetik “Define: Waffle” pada kolom pencarian Google.

Nantinya, Google akan menampilkan sebuah kolom yang menjelaskan arti atau makna serta cara baca istilah tersebut.

Cara mencari arti sebuah istilah lewat GoogleGoogle Cara mencari arti sebuah istilah lewat Google

12. Filter hasil penelusuran menggunakan bar ” Search Tools” di Google

Terakhir, salah satu cara yang paling sering digunakan untuk meningkatkan efisiensi pengguna dalam melakukan pencarian di Google.

Caranya, klik tombol “Alat” atau “Tools” di bagian bawah kolom pencarian, sisi kanan. Kemudian, atur beberapa pilihan filter yang tersedia, seperti menyaring hasil berdasarkan waktu, ukuran (untuk gambar) gambar, atau bahasa yang digunakan.

Ini adalah cara yang mudah untuk dimanfaatkan agar mempersempit hasil pencarian Anda, sehingga kemungkinan mendapatkan hal yang dicari pun semakin tinggi.

Cara memfilter hasil penelusuran menggunakan Alat Penelusuran GooglePutri Zakia Salsabila/ KOMPAS.com Cara memfilter hasil penelusuran menggunakan Alat Penelusuran Google

#Tips #Praktis #untuk #Mempermudah #Pencarian #Google #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts